News

Nuffic Neso Indonesia

Berbasis di Den Haag, Belanda, organisasi ini bertujuan untuk meluaskan informasi mengenai pendidikan tinggi di Belanda dan pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Pertama kali didirikan di Indonesia pada tahun 1996, organisasi ini awalnya bernama Netherlands Education Centre atau NEC, Mates. Baru pada tahun 2007 lalu, NEC resmi berubah menjadi Nuffic NESO Indonesia, mengikuti nama kantor-kantor cabang NESO di negara lain. Yup, selain di Indonesia, NESO juga ada di Brazil, China, India, Meksiko, Russia, Korea Utara, Teipei, Thailand, dan Vietnam. Nuffic Neso juga rajin ngadain pelayanan konseling buat calon mahasiswa yang ingin kuliah di Belanda. Pelayanan ini bisa berupa saluran online, iklan, surat, ataupun melalui jumpa langsung kala Open House atau presentasi.

Semua itu buat mendukung motto Nuffic Neso, Mates, yaitu “Linking Knowledge Worldwide”, atau menghubungkan pengetahuan di seluruh dunia. Jadi, nggak ada lagi alasan keterbatasan akses informasi tentang perguruan tinggi yang tersebar di dunia kalo udah ada Nuffic Neso, Mates!

Yamanashi Gakuin University (International College of Liberal Arts)

Yang paling membuat iCLA ini berbeda emang kurikulumnya, Mates! Kurikulum di iCLA dikelompokkan pada 5 area pengetahuan: Humanisme, Ilmu Sosial, Penalaran Kuantitif, Ilmu Alam, serta Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Dengan menghubungkan dan mengintegrasikan pengetahuan dari beragam bidang ini, iCLA berharap lulusannya punya kesempatan yang lebih luas waktu udah terjun ke lapangan kerja, Mates. Jadi, mereka nggak harus terpaku pada jalan karir tertentu. Mata kuliah yang disediakan iCLA mencakup Art, Musik, Teater, Sastra, Filosofi, kemudian Sejarah, Ilmu Politik, Kalkulus, Fisika, dan Ilmu Alam. Kelas-kelasnya pun relative kecil, hanya sekitar 20 orang saja. Jadi, kamu bisa menyerap pelajaran secara lebih maksimal.

Sementara, ada pelajaran-pelajaran menarik yang diajarkan dalam bahasa Jepang, seperti berbagai “workshop” Telaah Jepang, seperi Zen, Shinto, hingga Upacara Minum Teh dan Merangkai Bunga. Buat kamu yang aktif bergerak, jangan khawatir. Karena iCLA menyediakan banyak banget klub olahraga yang bisa kamu ikuti, mulai dari olahraga hingga gulat.

Karena sekolah ini berlabel Internasional, seluruh pelajaran disampaikan dengan bahasa Inggris, Mates. Tujuannya, tentu, biar semua lulusannya siap buat nyemplung ke dunia internasional. Meskipun bahasa Jepang bukan bahasa pengantar utama, iCLA tetep menyarankan semua mahasiswa internasionalnya buat mempelajari bahasa Jepang sedikit-sedikit. Yah, kalau udah keluar kampus, mau nggak mau juga kamu harus berinteraksi dengan bahasa Jepang sih, Mates. Oiya, buat mahasiswa Internasional, kamu bisa tinggal di Menara asrama yang masih baru aja dibangun, fresh, bersama dengan mahasiswa pertukaran pelajar lainnya. Asrama ini terhubung dengan bangunan kelas dan kantor universitas, dengan makanan yang disediakan tiga kali sehari. Asyik banget kan, Mates? Kapan lagi kamu bisa mendapatkan pengalaman di Jepang dengan kultur Internasional seperti ini?

 

© 2011 - 2017 Powered by MSW Global ™